8 Tips yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Laptop Baru

Tips Memilih Laptop – Di era yang modern ini Laptop menjadi sesuatu yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Dengan menggunakan laptop kita bisa melakukan pekerjaan yang serius atau bahkan hanya untuk bermain.

Saat ini banyak sekali pilihan laptop dengan berbagai jenis dan sesuai dengan yang kita butuhkan. Kita bisa mendapatkan dari yang spek standar sampai yang memiliki spek tinggi, tentunya dengan harga yang berbeda.

Banyaknya jenis laptop yang ditawarkan justru membuat kita sebagai konsumen semakin bingung untuk menentukan laptop mana yang akan dipilih. Terlebih lagi setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda dalam menentukan laptop seperti apa yang akan dipilih.

Bagi kalian yang sedang bingung untuk menentukan laptop seperti apa yang akan dibeli, di sini kami akan membagikan tips yang perlu kalian ketahui sebelum membeli laptop baru. Dengan demikian kalian tidak akan bingung lagi untuk menentukan laptop mana yang akan kalian beli. Langsung saja ini tipsnya.

1. Sesuaikan Spesifikasi Dengan Kebutuhan

Sebelum membeli laptop yang pertama harus dilakukan yaitu pastikan dulu laptop yang dibeli akan digunakan untuk apa. Apakah sekedar untuk pekerjaan office atau untuk pekerjaan yang lebih spesifik seperti desain grafis, pemrograman, bermain game, dan lain sebagainya. Jangan sampai kalian kecewa karena salah memilih spesifikasi laptop yang tidak sesuai dengan kebutuhan kalian.

2. Menentukan Sistem Operasi Laptop

Saat ini sistem operasi atau biasa disebut dengan OS yang paling banyak digunakan yaitu Windows, MacOS, dan juga Chrome OS. Dari ketiga OS yang populer tersebut kalian tentukan mana yang akan kalian pilih, tentunya sesuaikan dengan kebutuhan kalian ya.

  • Windows

Jika kalian menginginkan OS yang paling fleksibel, kalian bisa memilih untuk menggunakan Windows. Saat ini yang terbaru yaitu Windows 10. Jika kalian ingin menggunakan laptop dengan OS windows maka kalian akan lebih mudah untuk mendapatkannya, karena laptop dengan OS tersebut tersedia di berbagai harga, mulai dari yang termurah sampai yang paling mahal.

  • MacOS

Sistem Operasi Komputer yang berikutnya ada MacOS. OS ini hanya tersedia pada Macbook produkan Apple. Meskipun demikian dari segi fungsi OS yang satu ini sama dengan windows. namun MacOS memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya selalu update setiap tahunnya.

  • Chrome OS

Jika kalian menginginkan OS yang paling sederhana dan aman, maka Chrome OS bisa menjadi pilihannya. Akan tetapi OS yang satu ini lebih terbatas dibandingkan kedua kompetitornya yaitu Windows dan MacOS. Laptop yang menggunakan OS ini sangat terbatas pilihannya.

3. Tentukan Apakah 2-in-1 Atau Tidak

Saat ini dunia teknologi semakin canggih, terutama pada laptop. Kini telah tersedia pilihan laptop jenis hybrid yang mana bisa digunakan sebagai laptop biasa dan bisa juga dirubah ke bentuk tablet. Pada umumnya laptop 2-in-1 ini memiliki dua jenis, yaitu dengan layar yang bisa dilepas dan ada juga yang fleksibel dengan layar dapat diputar 360 derajat.

Kalian bisa menentukan jenis laptop mana yang akan kalian pilih. Namun untuk jenis yang 2-in-1 ini memiliki harga yang cukup mahal. Selain itu dari segi daya tahan baterai juga hanya mampu bertahan selama 60 – 90 menit.

4. Memilih Ukuran Layar Laptop

Sebelum menentukan sesifikasi dan memilih harga yang sesuai, sebaiknya kalian tentukan dulu ukuran layar laptop yang akan kalian beli. Saat ini terdapat 4 ukuran yang umum pada laptop seperti yang berikut ini:

  • Layar 11 inchi

Ukuran layar 11 inchi merupakan yang paling kecil. Pada ukuran layar tersebut umumnya laptop memiliki bobot seberat 1,1 kg. Jika kalian teramsuk orang yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan laptop yang harus dibawa kemana-mana, maka laptop dengan ukuran 11inc bisa menjadi pilihannya.

  • Layar 14 inchi

Laptop dengan ukuran 14 inchi cocok digunakan untuk bermain game ataupun menonton film. Selain itu laptop tersebut juga memiliki keseimbangan antara fungsionalitas dan juga portabilitasnya. Pada umumnyaukuran tersebut memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu seberat 1,8 kg.

  • Layar 15 inchi

Laptop yang berukuran 15 inchi merupakan yang paling populer digunakan saat ini. bobotnya yang hanya berkisar 2,4 kg dan layar yang cukup lebar menjadi alasan kenapa laptop ukuran tersebut banyak digunakan. Akan tetapi laptop yang ini kami sarankan untuk kalian yang tidak ingin membawanya untuk bepergian.

  • Layar 17 inchi

Untuk laptop yang berukuran 17 inchi ini memiliki layar yang cukup lebar. Laptop dengan ukuran ini sangat cocok untuk seorang gamer atau orang yang memiliki pekerjaan khusus dengan laptop. Pada umumnya laptop yang berukuran besar ini memiliki spesifikasi yang sangat tinggi.

5. Periksa Keyboard dan Touchpad

Keyboard dan touchpad menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena meskipun kalian memiliki laptop dengan spek yang tinggi akan berguna jika kualitas keyboard dan touchpad kalian jelek.

Pastikan keyboard laptop yang kalian pilih memiliki feedback yang baik, nyaman digunakan, serta memiliki ruang yang cukup di antara satu tombol dengan tombol yang lainnya. Sedangkan untuk touchpad kalian harus memastikan memiliki kursor yang baik dan juga respon yang konsisten.

6. Tentukan Spesifikasi Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih laptop yang akan dibeli setidaknya ada 4 komponen penting pada laptop yang harus diperhatikan, yaitu Prosesor, GPU, RAM, serta Penyimpanan. Kalian harus menyesuaikan spesifikasi dari komponen komponen tersebut dengan kebutuhan kalian.

  • Prosesor

Dari segi prosesor kalian bisa menentukan pilihan antara Intel atau AMD. Untuk prosesor kalian bisa memilih Core 13 yang bisa digunakan untuk entry level, Core i5 untuk kinerja menengah, Core i7 cocok untuk kelas atas, atau Core i9 untuk yang menginginkan performa yang sempurna.

Sedangkan untuk prosesor AMD kalian bisa memilih seri A, FX, atau E untuk entry level. Atau kalian juga bisa memilih seri Ryzen 4000 yang setara dengan Intel Core i5 dan Core i7.

  • GPU

Dari segi GPU kalian bisa memilih antara Nvidia atau AMD. Untuk yang paling populer saat ini yaitu Nvidia dengan seri MX untuk level bawah hingga menengah, serta seri GTX dan RTX untuk kalian yang menggunakan laptop untuk gaming. Sedangkan untuk produk AMD kalian bisa memilih seri Radeon RX yang cocok untuk gaming.

  • RAM

RAM (Random Access Memory) adalah komponen yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum membeli sebuah laptop. Untuk ram yang standar biasanya berukuran 4 GB – 8 GB, sedangkan untuk performa yang baik jika digunakan multitasking kalian bisa memilih yang berukuran 16 GB atau di atasnya jika ingin mendapatkan yang lebih sempurna.

  • Penyimpanan

Dari segi penyimpanan kalian bisa memilih HDD atau SSD. Jika kalian membutuhkan kapasitas yang besar kalian bisa memilih HDD, namun jika kalian lebih mementingkan kecepatan baca tulis kalian bisa memilih SSD yang memiliki kecepatan hingga 3x lipat dari HDD.

7. Perhatikan Baterai

Laptop merupakan perangkat portabel yang artinya akan kalian bawa pergi keluar dari rumah. Dengan demikian laptop memerlukan daya tahan baterai yang cukup lama. Berbeda cerita jika kalian hanya menggunakan laptop di rumah, maka kalian tidak perlu terlalu memikirkan hal tersebut. Namun, jika kalian akan membawa laptop untuk bepergian maka carilah laptop yang memiliki daya tahan baterai cukup lama, idealnya bertahan hingga 7 – 8 jam.

8. Sesuaikan Dengan Budget

Selain menentukan spesifikasi yang kami sebutkan di atas, sebaiknya kalian menyesuaikan dengan budget kalian, jangan sampai laptop yang dibeli menguras isi kantong. Untuk saat ini kalian sudah bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi yang cukup baik dengan kisaran harga Rp. 3jt.

Akhir Kata

Demikianlah tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop baru. Perhatikan hal hal tersebut supayatidak menyesal setelah membelinya. Cukup sekian dari kami, jangan lupa dapatka informasi menarik lainnya hanya di junesia.com. Terima kasih.

Leave a Comment