Flashdisk Tidak Terbaca di PC atau Laptop? Ini Dia Cara Memperbaikinya

Flashdisk merupakan salah satu tempat penyimpanan yang sangat penting. Eksistensinya yang begitu penting membuat beberapa orang kebingungan ketika flashdisk tidak terbaca. Apalagi flashdisk tersebut tidak bisa digunakan sama sekali.

Pengguna flashdisk pastinya pernah mengalami hal semacam ini. Ketika flashdisk sudah dimasukkan ke port USB namun ketika dicari di komputer tidak ada. Biasanya jika didiamkan beberapa saat, nama flashdisk akan muncul dengan sendirinya. Namun adapula yang sama sekali tidak bisa.

flashdisk tidak terbaca

Solusi Flashdisk Tidak Terbaca di PC atau Laptop

Ada beberapa alasan mengapa flashdisk tidak bisa muncul di komputer atau laptop. Salah satunya adalah port USB yang kotor ataupun tidak cocok. Seperti yang diketahui bahwa tidak semua port USB di laptop ataupun komputer kompatibel dengan flashdisk.

Alasan yang lainnya adalah flashdisk yang rusak atau terkena virus. Keadaan tersebut juga sering dialami banyak orang dimana flashdisk tidak terbaca di berbagai PC atau laptop karena rusak. Bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca datanya?

1. Melakukan Pengecekan Pada Port USB

Ketika flashdisk tidak bisa terbaca di PC atau laptop maka anda bisa melepasnya terlebih dahulu. Kemudian melakukan pengecekan pada bagian port USB apakah ada kotoran atau debu yang menghambat masuknya flashdisk atau tidak.

Kebanyakan masalah flashdisk terjadi pada bagian port yang rusak atau berdebu. Jika sekiranya memang berdebu atau kotor maka anda perlu membersihkannya. Kemudian colokkan lagi flashdisk ke port USB yang telah dibersihkan tersebut.

Jika flashdisk yang semula tidak terbaca menjadi terbaca maka cara tersebut berhasil. Cara ini memang cukup mudah namun jika belum berhasil maka anda bisa menggunakan cara yang lain.

2. Scan And Repair Drive

Flashdisk tidak terbaca di Windows 7, 8, ataupun Windows 10 bisa diatasi dengan cek scan and repair. Seperti yang diketahui, sistem operasi Windows memiliki fitur untuk scanning flashdisk. Proses pemindaian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada eror atau kerusakan yang terjadi pada flashdisk.

Ketika flashdisk dicolokkan maka otomatis akan dipindai oleh sistem. Jika muncul indikasi kerusakan atau eror maka Windows akan memberikan solusi secara otomatis. Cara yang satu ini sangat direkomendasikan karena cukup membantu.

3. Format Flashdisk Dengan Disk Management

Flashdisk tidak terbaca di Windows 10 bisa anda atasi dengan melakukan format. Cara yang satu ini mungkin bisa dijadikan solusi terakhir jika flashdisk tidak bisa terbaca. Melakukan format pada flashdisk berisiko pada hilangnya semua data.

Oleh karena itu, anda bisa melakukan backup data terlebih dahulu. Tujuannya agar data yang bersifat penting tidak hilang. Anda bisa melakukan backup di folder komputer atau di flashdisk lain.

Anda bisa masuk ke Disk Management dengan menggunaka kombinasi Windows + X. Lalu akan muncul beberapa pilihan. Kemudian klik menu Disk Management lalu akan muncul beberapa pilihan USB Drive.

Anda hanya perlu memilih USB Drive flashdisk yang terpasang di PC. Pastikan yang anda pilih adalah flashdisk dan bukan harddisk. Setelah itu, klik format dan tunggu beberapa saat hingga flashdisk berhasil di format.

Baca juga:

4. Perbaiki Dengan CMD

Permasalahan flashdisk yang tidak terbaca juga bisa diatasi dengan Command Prompt atau CMD. Cara ini memang terbilang sudah lama namun cukup ampuh digunakan. Memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan CMD bisa anda lakukan dengan mudah.

Masuk ke program CMD melalui pencarian Windows. Kemudian masukkan perintah pengecekan disk untuk flashdisk. Pastikan huruf yang tertera di belakang drive sesuai dengan tampilan flashdisk. Jika program CMD memperlihatkan keterangan eror maka kemungkinan terjadi kerusakan pada flashdisk.

5. Update Windows

Solusi terakhir yang bisa digunakan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca adalah dengan update Windows. Salah satu penyebab lain mengapa flashdisk tidak bisa terbaca adalah sistem Windows yang belum diperbarui.

Hal tersebut tentu saja mempengaruhi kinerja Windows. Jika flashdisk masih belum normal meski sudah dicolokkan dengan benar maka kemungkinan kesalahan terjadi di PC atau laptop. Anda bisa melakukan update Windows segera agar flashdisk bisa kembali normal.

Flashdisk tidak terbaca bisa anda perbaiki dengan cara diatas. Sebelumnya pastikan bahwa port USB tidak kotor dan flashdisk tidak rusak. Jika beberapa cara sudah dilakukan namun masih tidak terbaca maka alternatifnya adalah dengan melakukan format.

Leave a Comment