Cara Mengunci Aplikasi di Hp Android yang Aman

Ingin menjaga privasi di hp kamu dari tangan jahil orang lain? Tentu, salah satu solusinya dengan cara mengunci aplikasi di hp Androidmu.

Tips ini tentu sangat berguna, khususnya buat kamu yang sangat menjaga privasi supaya tak mudah diketahui orang lain. Mengingat, tak jarang teman atau rekan kita yang sering kepo sesuatu di hp kita.

Seperti obrolan chat maupun isi galeri yang tentu sangat kamu jaga kerahasiaannya agar tidak diketahui oleh orang lain.

Nah, untuk mengatasi kejahilan orang lain pada ponsel kita, ada beberapa trik mudah yang perlu untuk kamu coba. Yaitu dengan menggunakan alat pengunci aplikasi yang aman dan efektif.

Namun, ada juga cara lain yang bisa kamu coba tanpa perlu memakai tool. Yakni dengan melakukan pengaturan atau setting di hp kamu.

Lantas, mana yang lebih baik? Tentu saja kedua cara ini bisa kamu terapkan sesuai dengan kebutuhan.

cara mengunci aplikasi

Mengunci Aplikasi via LOCKit

Ada cukup banyak aplikasi untuk mengunci aplikasi yang sangat efektif untuk menjaga privasimu sekaligus sudah terintegrasi dengan hp Android.

Hanya saja, dari sekian banyak pilihan, agaknya yang paling direkomendasikan adalah LOCKit yang bisa kamu download di PlayStore.

Jika sudah diunduh, kamu bisa menerapkan langkah-langkah penerapannya berikut ini :

  1. Buka LOCKit. Ikuti semua arahan saat apk ini dibuka. Tekan “Izinkan” untuk melanjutkan prosesnya.
  2. Menginjak pada langkah berikutnya, akan ada permintaan untuk membuat sebuah pola jika kamu ingin menggunakan kunci aplikasi pola. Namun, kamu juga bisa menggunakan PIN. Jika sudah, ikuti arahan selanjutnya.
  3. Nah, sampai pada langkah berikutnya, kamu akan disajikan pertanyaan keamanan. Pilih pertanyaan yang cocok dan masukkan jawaban yang sesuai.
  4. Beranjak ke tahap lain, kamu akan masuk pada bagian Lindungi aplikasi. Di menu ini, kamu bisa mencentang beberapa program apk untuk dilindungi.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Vivo Dengan Mudah

Mengunci Aplikasi tanpa Aplikasi

Selain langkah di atas, cara mengunci aplikasi tanpa aplikasi pun juga bisa kamu lakukan. Yaitu dengan melakukan setting tertentu di ponsel Androidmu agar orang lain tidak bisa membuka aplikasi tersebut.

Langkah ini dirasa lebih aman karena menggunakan pengaturan bawaan dari hp kamu sendiri. Nah, untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka menu pengaturan dan pilih menu “Pengaturan Tambahan”
  2. Bila sudah, selanjutnya klik saja pilihan menu bertuliskan “Privasi”
  3. Sampai di sini, tekan/pilih menu “Lock Individual Apps dan “Choose Apps to Lock”.
  4. Pada langkah ini, buatlah sebuah pola sebagai kunci atau password untuk membuka aplikasi yang ingin kamu kunci.
  5. Beranjak pada tahap lain, nantinya setelah kamu membuat pola kuncinya, kamu pilih saja aplikasi mana yang ingin dikunci dan dijaga privasinya.
  6. Nah, aplikasi pun sudah terkunci dan hanya kamu yang bisa membukanya.

Selain menggunakan dua langkah di atas, tentu saja ada beberapa langkah lain yang bisa kamu lakukan sebagai tindakan pencegahan dari tangan usil orang lain.

Misalnya jangan menyimpan berkas penting dan rahasia di hp atau menghapus beberapa chat yang dikhawatirkan dibaca oleh orang lain.

Dan, pastikan bahwa hp selalu berada berdekatan dengan kamu agar bisa dikontrol ketika dipinjam oleh orang lain.

Nah, dari beberapa langkah atau tips mengenai cara mengunci aplikasi di atas, kamu bisa pilih salah satu saja untuk menjaga kerahasiaan hp kamu agar tetap aman.

Leave a Comment