Beragam Cara Mengatasi Laptop Lemot Paling Mudah Tanpa Servis

Laptop yang anda gunakan memiliki kinerja lemot? Biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti banyak program yang dijalankan bisa juga karena ada virus yang bersarang di dalam sistem. Ada beberapa cara mengatasi laptop lemot dengan langkah mudah dan praktis.

Laptop yang digunakan dalam waktu lama bisa membuat suhu sistem meningkat. Kemudian kinerja laptop menjadi lemot dan sulit untuk dioperasikan. Pengguna laptop pasti pernah mengalami hal semacam ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8, dan 10

Sebelum berlanjut ke bagaimana solusi mengatasi laptop lemot, anda perlu mengetahui apa saja penyebab laptop lemot. Jika anda belum mengetahui penyebabnya maka akan sulit untuk mengatasinya.

Sehingga anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Laptop lemot bisa disebabkan oleh penggunaan dalam waktu lama hingga menjadi overheat. Selanjutnya adalah terlalu banyak membuka tab di browser sehingga membuat laptop terbebani.

Virus juga menjadi salah satu penyebab mengapa laptop tiba-tiba lemot. Terakhir adalah jarang melakukan update sistem operasi. Hal ini sering diabaikan oleh pengguna laptop padahal update sistem operasi sangat penting dilakukan.

Setelah mengetahui apa saja penyebab laptop lemot, anda bisa mencoba untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa harus datang ke servis center.

1. Scanning Sistem dan Software

Langkah pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan melakukan scanning. Cara ini sangat lazim digunakan karena terbilang mudah. Siapa saja bisa melakukan scanning jika memiliki software antivirus.

Saat ini ada banyak rekomendasi software antivirus untuk laptop. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan scanning. Guna mengatasi laptop yang lemot, anda bisa melakukan scan secara rutin.

Tujuannya adalah agar anda bisa mengetahui apakah ada kerusakan, eror, ataupun virus yang bersarang di komputer. Cara mengatasi laptop lemot dengan melakukan scanning sangat dianjurkan bagi anda pengguna laptop.

2. Uninstall Software yang Sekiranya Jarang Dioperasikan

Banyaknya program atau kegiatan multitasking yang dikerjakan membuat kinerja laptop melambat atau lemot. Apalagi jika kapasitas RAM sudah penuh dan banyak sekali software yang anda gunakan.

Solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mencopot pemasangan software yang tidak diperlukan. Terkadang tidak semua software digunakan sehingga bisa diminimalisir dengan cara di uninstall.

Banyaknya software yang terpasang sangat mempengaruhi kinerja laptop. Sebab, ada beberapa software yang masih aktif menggunakan data latar belakang. Oleh karena itu, penting bagi anda mengurangi jumlah software yang tidak begitu penting.

3. Upgrade Kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop lemot yang selanjutnya adalah dengan upgrade kapasitas RAM. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi laptop lemot Windows 7, 8, dan 10. Kapasitas RAM terkadang bisa habis karena kegiatan multitasking juga banyak.

Ada beragam software penting yang harus diinstall sehingga membuat kapasitas RAM harus ditambah. Anda bisa melakukan upgrade kapasitas RAM agar kapasitasnya semakin luas. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menambah kapasitas RAM.

Pastikan bahwa RAM yang digunakan sudah sesuai dengan tipenya. Terkadang terjadi kendala jika ingin menambah kapasitas RAM dan salah satunya adalah tipe yang tidak sesuai. Jika kapasitas RAM sudah ditambah maka kemungkinan kinerja laptop tidak terlalu terbebani.

Baca juga:

4. Membersihkan Sampah Temporary File di Laptop

Membersihkan temporary file merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot yang sangat direkomendasikan. Perlu anda ketahui bahwa jenis sampah ini tersimpan di laptop hingga menumpuk.

Namun hal tersebut terkadang diabaikan oleh pengguna laptop. Sebab, sampah temporary file tidak terpampang di folder penyimpanan. Untuk menghapus sampah temporary file anda bisa masuk ke program Run kemudian klik perintah menghapus temporary file.

Anda bisa memilih folder penyimpanan yang sekiranya menimbun banyak temporary file. Setelah memilih banyak folder, anda bisa klik Enter dan tunggu prosesnya selesai. Pastikan anda memilih file yang benar-benar ingin dihapus agar nantinya tidak hilang.

5. Update Sistem Operasi

Agar kinerja laptop Windows 7, 8, dan 10 tidak lemot, anda bisa melakukan update sistem Windows. Dengan menggunakan sistem terbaru, kinerja laptop akan semakin lancar sebab sistemnya diperbarui.

Deretan cara mengatasi laptop lemot diatas cukup mudah dilakukan. Sebelum menggunakan cara diatas, pastikan terlebih dahulu apa penyebab dari laptop yang lemot.

Leave a Comment