Jengkel HP Lemot? Gunakan 7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot

HP Xiaomi sering lemot, hang dan panas? Beginilah tata cara mengatasi HP Xiaomi lemot yang bisa kamu praktikkan jika ini terjadi pada HP-mu.


Bagi kamu pengguna HP Xiaomi mungkin pernah mendapatkan masalah, seperti sering lemot saat kamu gunakan tentu saja akan menjengkelkan sekali. Lalu, kamu pasti akan mencari bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi lemot agar ampuh dan dapat digunakan seperti awal pertama kali membelinya.

Pada awalnya perusahaan Xiaomi menawarkan produk elektronik berupa smartphone dengan harga yang sangat miring jika dibandingkan dengan produk lainnya.

Selain dengan harga yang miring, Xiaomi juga memberikan spesifikasi tingkat dewa untuk smartphone yang tentu sangat bermanfaat sekali bagi penggunanya.

Maka dari itulah, Indonesia menjadi pengguna yang cukup banyak dari Xiaomi.

Bahkan para pengguna membuat sebuah komunitas atau forum diskusi untuk semua penggunanya.

Terkadang juga banyak para pengguna yang saling diskusi untuk cara mengatasi HP xiaomi lemot dan panas.

Berikut ini kami akan berikan informasi bermanfaat untuk langsung kamu coba agar HP kamu menjadi stabil kembali. Simak ulasan kami dibawah ini ya.

Hapus File Yang Sudah Tidak Digunakan

Untuk Cara mengatasi HP Xiaomi lemot dan panas yang bisa kamu coba saat HP Xiaomi lemot pertama kali adalah dengan melihat terlebih dahulu file – file yang ada di memori internal HP. Biasanya terdapat beberapa file yang tidak penting tetapi masih tetap ada di memori tersebut, hal tersebut yang menyebabkan HP kamu menjadi lemot dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

File yang tidak digunakan inilah akan menambah kapasitas dari memori internal dan membuatnya cepat habis. Untuk mengatasinya, pastikan kamu menghapus beberapa file yang tidak penting. Selain itu juga, sediakan ruang kosong untuk memori internal sekitar 2GB agar performa HP kamu tetap stabil seperti semula.

Aplikasi Tidak Digunakan Langsung Uninstall

Aplikasi merupakan software yang sangat berguna sekali untuk menjalankan smartphone kamu.

Aplikasi yang biasanya digunakan tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan.

Namun perlu kamu ketahui, terkadang ada beberapa dari jenis aplikasi yang jarang atau bahkan tidak digunakan oleh kamu.

Nah, cara mengatasi HP Xiaomi ngehang selanjutnya yang dapat segera kamu coba adalah dengan memilih aplikasi yang penting saja.

Jika kamu menemukan aplikasi yang jarang atau bahkan tidak digunakan sama sekali, maka langsung saja kamu uninstall aplikasi tersebut.

Ketika aplikasi yang tidak digunakan tetap ada di dalam HP kamu menjadi alasan HP Xiaomi kamu sering lemot.

Rutin Menghapus Cache Pada Ponsel

Ada sebagian pengguna HP Xiaomi yang jarang mengecek cache. Cache ini wajib untuk kamu hapus secara berkala supaya tidak memenuhi memori internal ponsel kamu.

Khusus bagi pengguna Xiaomi sudah ada tersedia fitur untuk langsung menghapus cache yang bisa kamu temukan di pengaturan ponsel.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pembersih atau Cleaner bawaan dari Xiaomi.

Fitur pembersih ini secara otomatis akan langsung menghapus semua berkas Cache dan beberapa file – file yang tidak digunakan kembali.

Untuk menemukan aplikasi pembersih ini sudah tersedia di menu Keamanan dan langsung kamu pilih saja.

Baca juga: Kode Rahasia Xiaomi dan Fungsinya yang Perlu Kamu Ketahui

Langsung Matikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi HP xiaomi lemot dengan mematikan aplikasi di latar belakang yang sedang berjalan.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang ini terkadang aktif saat kamu selesai mendownload aplikasi tersebut atau pada saat pertama kali membuka aplikasi hingga lupa kamu keluarkan.

Inilah yang menjadikan HP Xiaomi kamu sering lemot karena aplikasi yang berjalan di latar belakang ini banyak memakan RAM ponsel kamu.

Untuk menonaktifkannya, kamu bisa membuka menu pengaturan di HP Xiaomi, lalu pilih Aplikasi Terinstal.

Setelah itu pilih Menjalankan dan terakhir pilih Uninstall aplikasi atau Paksa Berhenti.

Hapus Aplikasi Dengan Fungsi Yang Sama

Terkadang kamu sering tidak sadar dengan beberapa aplikasi yang mempunyai fungsi sama. Seperti contohnya adalah di dalam HP Xiaomi kamu memiliki aplikasi Google Chrome, UC Browser dan Opera. Ketiga aplikasi tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang sama yaitu sebagai browser untuk mencari informasi di internet.

Oleh karena itu, kamu cukup menggunakan satu aplikasi saja agar lebih menghemat dan memberi ruang lebih banyak pada memori internal dan RAM di smartphone kamu.

Tinggal kamu pilih saja lebih aktif menggunakan aplikasi yang mana saja. Setelah memilih satu aplikasi, segera uninstall aplikasi yang serupa tersebut.

Gunakan Aplikasi Tambahan Pembersih RAM

Aplikasi tambahan khusus untuk membersihkan RAM menjadi salah satu cara mudah untuk cara mengatasi HP Xiaomi panas lemot internet. Di Google Playstore maupun Appstore sudah banyak beragam aplikasi yang tersedia.

Aplikasi ini sangat berguna untuk membersihkan sampah – sampah yang ada di ponsel kamu. Selain itu juga, aplikasi tersebut akan membantu kamu menutup aplikasi lainnya yang tidak digunakan secara otomatis. Maka dari itu sangat penting untuk kamu menggunakan aplikasi ini.

Update MIUI Terbaru

Selanjutnya yang paling penting adalah rutin untuk mengecek apakah MIUI di HP kamu perlu di update atau tidak. Notifikasi akan muncul saat ada pembaruan resmi dari pihak Xiaomi yang sangat berguna untuk menunjang performa dari HP kamu saat ini. Saat notifikasi ini muncul, segera update dan jangan menunda – nunda.

Dengan kamu update MIUI ini bisa mengatasi lemot pada HP, memperbaharui sistem ini juga mampu untuk mengatasi semua permasalahan bug yang biasanya muncul. Cara untuk update MIUI ini terbilang mudah, dengan cara :

  • Kamu langsung buka menu pengaturan di HP Xiaomi.
  • Tekan dan pilih Tentang Ponsel.
  • Lalu memilih pembaharuan sistem ponsel.
  • Langsung perbaharui dan tunggu sampai prosesnya selesai keseluruhan.

Untuk proses update ini, kami saran untuk kamu menggunakan WiFi saat melakukan update, jangan menggunakan kuota data pribadi kamu karena akan banyak menguras kuota lho.

Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Jikalau semua cara – cara diatas sudah kamu lakukan namun tetap saja HP Xiaomi kamu lemot dan performa tidak baik, langsung saja kamu menghapus keseluruhan data – data yang ada di ponsel kamu.

Tetapi sebelum dilakukan, sebaiknya segera kamu backup atau cadangan data – data penting kamu di memori eksternal atau yang lainnya.

Setelah kamu backup data semuanya, kamu bisa langsung membuka menu pengaturan di ponsel serta cari menu reset factory di menu tersebut.

Lanjut, kamu bisa memilih pengaturan tambahan, kemudian akan muncul buat cadangan dan setel ulang ponsel ke pengaturan awal pabrik. Itulah tahapan yang harus kamu lakukan untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan semula.

Itulah beberapa cara mengatasi HP Xiaomi lemot yang bisa langsung kamu coba. Saat HP Xiaomi kamu kembali seperti semua, selalu perhatikan memori internal dan penggunaan RAM agar lebih awet.

Leave a Comment