Cara Extract File RAR di PC dan HP dengan Mudah dan Cepat

Memiliki file yang banyak dalam PC maupun HP, bagi sebagian orang memang cukup merepotkan. Apalagi jika ingin mengirim file-file tersebut, terkadang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Dari pada mengirim berkas tersebut satu per satu, cara extract file rar di PC dan HP, menjadi solusi paling tepat.

File RAR merupakan sebuah file yang diarsipkan dengan tujuan untuk memperkecil atau meringkas ukuran file tersebut. Umumnya, file RAR terdiri dari beberapa file yang berhasil digabungkan menjadi satu. Dengan begitu, lebih ringkas dan tidak akan menggunakan ruang penyimpanan yang terlalu besar.

Simak, Cara Extract File RAR di PC dan HP dengan Mudah dan Cepat

Mengexstract file ke dalam bentuk RAR, bukan hal yang sulit. Jika exstrac file RAR pada PC anda bisa menggunakan software WinRaR.

WinRaR, merupakan sebuah software yang mempunyai fungsi untuk mengarsipkan file ke dalam format RAR maupun ZIP. Software ini, memiliki sejumlah keunggulan antara lain, memiliki virus scanner, software kompres file tercepat, berbekal password manager, hingga bisa kita gunakan seumur hidup.

Sementara pada HP, anda dapat menggunakan aplikasi RAR. Penasaran seperti apa cara menggunakannya? Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak ulasan berikut ini.

Extract File RAR di PC Menggunakan Software WinRaR

Cara extract file RAR di PC dan HP pertama kali yang akan kami jelaskan yakni menggunakan software WinRaR. Software ini bisa anda download dan install sendiri di PC. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda perhatikan untuk menggunakannya.

  1. Langkah pertama, silahkan unduh software WinRaR terlebih dahulu bagi anda yang PC-nya belum tersedia. Terdapat dua situs yang bisa anda kunjungi, yakni rarlab.com dan win-rar.com. Tersedia berbagai macam opsi download dengan beragam pilihan bahasa yang bisa anda gunakan. Pada langkah ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan
  2. Lakukan proses installasi dengan cara klik “dua kali” pada “aplikasi instalasi WinRaR”. Selanjutnya, silahkan anda klik “pasang” untuk memulai proses install tersebut
  3. Setelah itu, anda akan diminta memberikan konfirmasi lanjutan, terkait, integrasi shell, tampilan WinRaR, dan asosiasi WinRaR dengan jenis file tertentu. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan saja, dan klik “Ok”
  4. Klik tombol “selesai” untuk menyelesaikan proses intall WinRaR ini
  5. Jika proses install sudah selesai, anda bisa langsung menggunakannya untuk mengexstract file RAR tersebut. Caranya, silahkan anda cari file RAR yang akan di exctract.
  6. Bila sudah menemukannya, klik “kanan” pada file tersebut
  7. Kemudian silahkan pilih opsi “Ekstrak ke (Nama Berkas)”. Hal ini anda lakukan dengan tujuan untuk mengexstract file tersebut ke dalam folder baru dengan nama yang sama
  8. Bagi anda yang ingin mengexstract file tersebut ke dalam folder, atau direktor tertentu, maka klik “kanan” dan pilih opsi “Ekstrak Berkas”
  9. Setelah itu, akan muncul dialogue box yang berisi tempat ekstraksi berkas. Silahkan anda pilih tempat exstract-nya dan klik “Ok”
  10. Namun, jika anda ingin mengexstract file ke dalam folder tempat file RAR tersebut berada, cukup klik “kanan”, setelah itu pilih “Ekstrak Disini”

Baca Juga:

Extract File RAR di HP dengan Menggunakan Aplikasi RAR

Cara extract file RAR di PC dan HP selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi RAR. Langkah-langkah yang bisa anda gunakan tak kalah mudah. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi RAR terlebih dahulu di HP anda
  2. Apabila proses install sudah selesai, buka aplikasi tersebut untuk menggunakannya
  3. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan file manager. Untuk dapat memulainya silahkan anda cari file RAR yang ingin diextract
  4. Pilihlah file RAR tersebut, setelah itu select file mana saja yang anda butuhkan
  5. Jika sudah, silahkan klik icon “Extract”
  6. Langkah terakhir, atur direktor untuk menyimpan hasil ekxtract file tersebut sesuai keinginan anda, lalu silahkan klik “Ok”

Itulah tadi cara extract file RAR di PC dan HP yang bisa anda gunakan. Bagaimana menurut anda? Mudah bukan? Kini berbagai file dalam PC maupun HP dapat anda manajemen dengan lebih baik. Selain itu, pengiriman file juga menjadi lebih praktis dan cepat.

Leave a Comment